728x90 AdSpace

FAH UIN & ALC bedah perpustakan SMAN 1 KBJ Aceh Besar

BANDA ACEH – Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry melalui HMP S1 Ilmu Perpustakaan bersama dengan Aceh Library Consultant (ALC) melakukan bedah perpustakaan di SMAN 1 Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 3-4 April 2018.

Kegiatan bedah perpustakaan ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan program pengembangan perpustakaan berbasis web, sehingga diharapkan kegiatan ini setidaknya ini bisa membantu rutinitas pengelolaan administrasi perpustakaan, mulai dari kegiatan pengolahan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainyan yang terkait dengan pekerjaan operasional perpustakaan secara cepat dan tepat.

“Tahap awal kita fokus pada bedah perpustakaan dan pengembangan sistem otomasi berbasis web dengan menggunakan software SLiMS”,kata Zulfiqri, S.IP selaku penanggungjawab kegiatan bedah perpustakan di SMAN 1 KBJ, Rabu (4/4/2018).

Selama 2 hari ini, kata Zulfiqri pihaknya fokus melakukan pengolahan seluruh koleksi mulai dari entri, penempelan label dan barcode, pembuatan kartu perpustakaan untuk mendukung penerapan otomasi perpustakaan serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan setiap siswa dalam proses belajar mengajar.

Sementara itu, Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Zubaidah, M.Ed mengatakan selain bedah perpustakaan yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa dan alumni, pihaknya juga bertanggungjawab untuk melakukan pelatihan dan pendampingan bagi pengelola dan staf perpustakaan.

“Kegiatan ini sebagai bentuk tanggungjawab dan pengabdian kita selaku satu-satunya program studi yang fokus pada Ilmu Perpustakaan di Aceh untuk berbuat demi kemajuan Pendidikan di Aceh khususnya Perpustakaan”,kata Zubaidah, M.Ed.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMAN 1 Krueng Barona Jaya, Bahrullah, S.Ag., MA melalui Kepala Perpustakaan, Mariyani, S.Pd sangat berterima kasih kepada para mahasiswa dan alumni Prodi S1 Ilmu Perpustakaan yang sudah berkenan meluangkan waktunya untuk membedah sistem perpustakaan yang sesuai dengan standar pelayanan perpustakaan. Sehingga dengan adanya penerapan sistem otomasi perpustakaan sangat membantu mengefisiensikan waktu dan tenaga pengelola perpustakaan.

“Sangat tidak berarti apabila bahan pustaka yang disediakan perpustakaan, yang sudah diolah, ditata rapi dirak. Ternyata tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakai. Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari Prodi S1 Ilmu Perpustakaan yang sudah membantu integrasi dari manual ke otomasi”,kata Mariyani, S.Pd.

Kehadiran para mahasiswa dan alumni Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dipimpin langsung oleh Direktur ALC, T. Ade Vidyan Maqfirah, S.IP bersama sejumlah relawan masing-masing Arkin, Wandi Syahputra, Zulfiqri, Teuku Hermilan, Muhammad Rizki, Idrus, Ilma Sari dan Nailul Muna. (Ril/TH)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: FAH UIN & ALC bedah perpustakan SMAN 1 KBJ Aceh Besar Rating: 5 Reviewed By: hhh