728x90 AdSpace

STIS Ummul Ayman Pijay Kembangkan Otomasi Perpustakaan






Banda Aceh – Untuk mewujudkan program pengembangan sistem otomasi Perpustakaan Perguruan Tinggi berbasis web, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Ummul Ayman, Pidie Jaya bersama Aceh Library Consultant (ALC) melakukan terobosan baru dengan melakukan otomasi sistem perpustakaan, Sabtu (31/3/2018) bertempat di Perpustakaan kampus setempat.


Kegiatan tersebut sebagai salah satu tindak lanjut program kerjasama antara Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry dengan STIS Ummul Ayman yang telah dilaksanakan sejak ditandatangani MoU antara kedua belah pihak pada tahun 2017 lalu.


“Sebagai salah satu wujud kerjasama dalam hal peningkatan mutu akademik, pada tahun 2017 kita sudah mendirikan FAH UIN Ar-Raniry Corner sebagai pusat referensi bagi sivitas akademika STIS Ummul Ayman yang dipusatkan di Perpustakaan Az Zahirah”,kata Zubaidah selaku ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, melalui siaran pers, Sabtu (31/3).



Tahap ini, kata dia atas inisiatif dari pihak pengelola Perpustakaan STIS Ummul Ayman Prodi S1 Ilmu Perpustakaan  FAH UIN Ar-Raniry melalui sejumlah alumni yang bergabung di Aceh Library Consultant (ALC) melakukan pengembangan perpustakaan dengan melakukan otomasi sistem perpustakaan.


‘Sebagai salah satu wujud komitmen dan tanggung jawab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry melalui kerjasama yang sudah terjalin salah satunya dalam hal pengembangan perpustakaan STIS Ummul Ayman kedepan, maka kita selalu siap untuk melakukan pelatihan dan pendampingan bagi pengelola perpustakaan”,kata Zubaidah.


Sementara itu, Ketua STIS Ummul Ayman, Pidie Jaya, Dr. Muhammad Zukhdi, Lc, MA melalui Kepala Perpustakaan Rizki Ramadhan, S.IP mengatakan bahwa di era informasi saat ini mendorong setiap Perpustakaan mengimplementasikan teknologi untuk berbagai kemudahan dalam manajemen pengelolaan perpustakaan.


“Walaupun belum maksimal, namun setidaknya terobosan ini bisa membantu rutinitas pengelolaan administrasi perpustakaan, mulai dari kegiatan pengolahan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainyan yang terkait dengan pekerjaan operasional perpustakaan secara cepat dan tepat”,kata Rizki disela-sela kegiatan bedah perpustakaan.


Ia berharap, semoga pihak Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry melalui Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan rekan-rekan Aceh Library Consultant (ALC) akan selalu mendampingi dan menjadi mitra untuk pengembangan Perpustakaan STIS Ummul Ayman kearah yang lebih baik.

Direktur Aceh Library Consultant, T. Ade Vidyan Maqfirah, S.IP melalui Manager Program dan Kerjasama, Arkin, S.IP mengatakan pihaknya sangat serius dan berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan. Untuk tahap awal, kata Arkin pihaknya fokus pada bedah perpustakaan dan pengembangan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS.


“Kita fokus pada pendampingan integrasi dari sistem manual ke otomasi. Selanjutnya dalam waktu dekat kita akan melakukan penandatangan MoU dengan STIS Ummul Ayman terkait dengan pelatihan dan pendampingan bagi staf perpustakaan”,kata Arkin selaku penanggungjawab kegiatan bedah perpustakaan di STISUA, Sabtu (31/3).


Kehadiran para relawan Aceh Library Consultant (ALC) dipimpin langsung oleh Manager Program dan Kerjasama ALC, Arkin, S.IP. Turut ikut serta sejumlah relawan lainnya, masing-masing Wandi Syahputra, S.IP (manager operasional), dan Muhammad Taufik, S.IP [R/TH]



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: STIS Ummul Ayman Pijay Kembangkan Otomasi Perpustakaan Rating: 5 Reviewed By: hhh