728x90 AdSpace

Didi Setiadi Terpilih Sebagai Ketua IPI Aceh, Begini Harapan Aceh Library Consultant

Foto bersama disela-sela kegiatan Roadshow Perpustakaan ke Lintas Timur-Utara Provinsi Aceh
ACEH LIBRARY CONSULTANT l Didi Setiadi, S.Sos, Kabid Deposit, Pengolahan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh terpilih menjadi ketua umum Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh untuk masa bhakti 2017-2020 menggantikan Arkian, S.Sos.

Ketua komisi organisasi dan keanggotaa IPI Aceh pada periode sebelumnya terpilih setelah berhasil mengalahkan 2 rivalnya masing-masing Abdul Manar, S.Ag, S.IP, M.Hum dan Dra. Wirda Agustina, MM dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke XII Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh, Kamis (13/7/2017) di Aula Darussalam Inn UIN Ar-Raniry Aceh.

Sejumlah pustakawan, pengelola dan pemerhati perpustakaan serta elemen masyarakat pun menaruh sejumlah harapan kepada Ketua IPI Aceh terpilih. Satu diantaranya Aceh Library Consultant

Direktur Aceh Library Consultant, T. Ade Vidyan Maqfirah, TB, S.IP mengatakan, 'nahkoda' Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh baru harus mengakomodasi seluruh kelompok baik pustakawan daerah,perguruan tinggi, maupun sekolah agar tak ada lagi orang-orang yang 'terasingkan' dalam pengembangan perpustakaan serta berbuat untuk keberlangsungan roda organisasi untuk 3 tahun kedepan.

Disamping itu, ia juga berharap semoga Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh menjadi corong aspirasi para pustakawan serta mampu menjadi lembaga yang berdiri di garda terdepan membela dan memperjuangkan profesi pustakawan.

"Saya berharap IPI Aceh bisa menujukan taringnya saat dipimpin oleh para pustakawan yang benar-benar mengerti tentang kondisi dan kebutuhan para pustakawan serta menjadi lembaga yang selalu membela dan memperjuangkan keberadaan profesi pustakawan",kata Tevam sapaan akrab pria yang saat ini di amanahkan sebagai kepala perpustakaan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry, Sabtu (15/7/2017).

Kedepan, ia berharap ketua terpilih beserta pengurus IPI Aceh mampu kritis terhadap setiap kebijakan Pemerintah terutama yang berhubungan dengan dunia perpustakaan serta sama-sama berkontribusi dan mendukung Pemerintah dengan mengawal serta memastikan diterapkannya UU Perpustakaan No. 43 tahun 2007 terutama pasal 30 tentang kriteria Kepala Perpustakaan.

"Sudah saatnya kita memberi masukan, mengawal serta mengadvokasi setiap kebijakan pemerintah terutama terkait dengan penerapan UU Perpustakaan No. 43 tahun 2007, terutama tentang kriteria kepala perpustakaan sehingga kepala perpustakaan benar-benar dipimpin sesuai amanat UU Perpustakaan",harapnya.

Ketua IPI terbaru juga diharapkan agar mampu membangun komunikasi dengan pihak legislatif baik DPRA maupun DPRK setiap kabupaten dalam hal melahirkan qanun yang berkaitan dengan perpustakaan.

"Faktanya banyak organisasi profesi yang cuma papan nama, yang hanya aktif pada saat pemilihan ketua, pelantikan setelah itu diam, bisu tanpa kegiatan. Semoga IPI Aceh mampu mewujudkan misi yang diamanahkan dalam AD/ART untuk menjadi organisasi profesi yang mandiri, dapat memenuhi tuntutan zaman, serta mampu berperan dalam mewujudkan terciptanya layanan informasi yang kompetitif dalam upaya mencerdaskan bangsa",tutup Tevam.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Zulkifli, S.Pd., M.Pd juga berharap kepada seluruh pengurus IPI Aceh untuk terus berupaya memantapkan keberadaannya ditengah-tengah masyarakat dengan mengupayakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang menyentuh langsung upaya-upaya peningkatan minat baca.

Hal senada juga disampaikan oleh Drs. Dedi Junaedi, M.Si selaku ketua Ikatan Pustakawan Indonesia dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh T. Syamsul Bahri, SH, M.Si selaku presidium IPI Pusat. Ia mengingatkan IPI sebagai mitra pemerintah di daerah perlu memperhatikan setiap kebutuhan masyarakat dengan melaksanakan berbgai program kegiatan dan terus berusaha meningkatkan layanan dimasing-masing unit kerja nya. [Arkin Kisaran]

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Didi Setiadi Terpilih Sebagai Ketua IPI Aceh, Begini Harapan Aceh Library Consultant Rating: 5 Reviewed By: hhh