728x90 AdSpace

Dewan Pembina ALC Jadi Narasumber di UTU Meulaboh

Aceh Library Consultant l Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Ar-Raniry, Nazaruddin Musa, M.LIS yang juga sebagai dewan pembina Aceh Library Consultant menjadi narasumber pada pelatihan manajemen perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS di ruang UPT. Perpustakaan Universitas Teuku Umar Meulaboh.

Dalam materinya, Nazaruddin Musa memaparkan bahwa kehadiran sistem automasi sebuah Perpustakaan disamping akan meringankan pekerjaan staf dan pengelola perpustakaan dalam pelayanan juga memudahkan pemustaka dalam mencari serta memanfaatkan koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan.

“Teknologi informasi dalam perpustakaan akan menjadikan pekerjaan dan layanan perpustakaan dapat dilaksanakan secara cepat, tepat dan akurat. Seperti dalam proses katalogisasi, sirkulasi, dan OPAC”, kata Nazaruddin disela-sela penyampaian materi di ruang UPT. Perpustakaan Universitas Teuku Umar Meulaboh, Rabu (22/2).

Dalam kesempatan tersebut, Nazaruddin yang merupakan pustakawan terbaik nasional asal Aceh juga berharap kepada seluruh peserta pelatihan untuk lebih serius mengembangkan ilmu tentang penerapan sistem automasi di Perpustakaan. Pihaknya bersama dengan relawan Aceh Library Consultant (ALC) juga berjanji akan terus melakukan pendampingan bagi staf perpustakaan Universitas Teuku Umar (UTU) untuk terus mengembangkan Perpustakaan yang ada dilingkungan kampus UTU.

“Kita berharap akan terus menjadi mitra bagi UTU untuk pengembangan Perpustakaan kedepan. Disamping membekali para staf perpustakaan kita juga akan terus berupaya melakukan pendampingan”, kata Nazaruddin

Sementara itu, Arkin yang tampil pada sesi yang berbeda memberi materi tentang membangun sistem otomasi perpustakaan dengan senayan library management system (SLiMS) . Disamping penyampaian materi para peserta juga dibekali pelatihan sistem automasi perpustakaan.

Pelatihan Manajemen Perpustakaan
Pelatihan yang diselenggarakan Universitas Teuku Umar bekerjasama dengan Aceh Library Consultant diperuntukkan bagi pustakawan dan staf perpustakaan berlangsung selama 2 hari, 22-23 Februari 2017. Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pendampingan dan pembekalan kepada sejumlah staf dan penggelola perpustakaan di kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh.

“Pelatihan ini sebagai langkah awal dari kemitraan yang kita bangun bersama Aceh Library Consultant dan Klikdata Indonesia dan juga UIN Ar-Raniry untuk memberi pembekalan kepada para staf perpustakaan untuk mengelola sistem informasi perpustakaan yang berbasis automasi”, kata Najamudin, SE.,M.Si selaku kepala UPT.Perpustakaan, Rabu (22/2) di ruang sela-sela pelatihan berlangsung.

Menurut Najamuddin, pelatihan manajemen perpustakaan merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka mendukung proses integrasi system dari manual ke otomasi.

“Setelah pelatihan ini kita bersama dengan pihak Aceh Library Consultant (ALC) sedang berupaya meningkatkan pelayanan yang maksimal di perpustakaan. Insya Allah sebanyak 24 ribu lebih koleksi akan kita entri kedalam system untuk kemudahan penelusuran informasi diperpustakaan”,kata Najamudin, Rabu (22/2) diperpustakaan UTU Meulaboh.

Bagi Najamudin, perpustakaan merupakan jantung sebuah perguruan tinggi yang menjadi sumber belajar dan referensi bagi mahasiswa. Karena itu, dibutuhkan terobosan dengan melakukan otomasi perpustakaan guna meningkatkan layanan serta kemudahan dalam temu kembali informasi.

“Walaupun belum maksimal, namun setidaknya terobosan ini bisa membantu temu kembali informasi serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan setiap sivitas akademika UTU Meulaboh,” katanya.

Ia juga menjelaskan, ke depannya untuk mencari koleksi buku tidak perlu lagi datang ke rak, cukup dengan search di OPAC semua sudah diarahkan oleh system. [A.Kisaran]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Dewan Pembina ALC Jadi Narasumber di UTU Meulaboh Rating: 5 Reviewed By: hhh