728x90 AdSpace

SMA Mosa Arun Kembangkan Otomasi Perpustakaan

Lhokseumawe - Guna mewujudkan program pengembangan sistem otomasi perpustakaan SMA Negeri Modal Bangsa Arun Kota Lhokseumawe bekerjasama dengan Aceh Library Consultant (ALC) dan Prodi Ilmu Perpustakaan melakukan sebuah terobosan baru dengan melakukan otomasi sistem perpustakaan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai hari Sabtu sampai dengan Senin, 29-31 Mei 2021.

Direktur ALC, Arkin melalui Penanggungjawab Program Wandi Syahputra SIP menjelaskan bahwa kegiatan bedah perpustakaan ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan program pengembangan sistem perpustakaan berbasis web di Perpustakaan SMA Negeri Modal Bangsa Arun.

Sehingga melalui program ini diharapkan dapat membantu rutinitas pengelolaan administrasi perpustakaan mulai dari kegiatan pengolahan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainnya yang terkait dengan pekerjaan operasional perpustakaan secara cepat dan tepat.

"Tahap awal kita fokus integrasi dari manual ke automasi dengan menggunakan aplikasi SLiMS dan dihari terakhir kita bekali dan latih para pengelola untuk penerapan sistem otomasi perpustakaan", kata Wandi selaku manager operasional ALC, Senin (31/5).

Selama 3 hari, kata Wandi pihaknya fokus melakukan pengolahan seluruh koleksi mulai dari entri, penempelan label dan barcode, pembuatan kartu keanggotaan dan selanjutnya akan kita bantu onlinekan sistem perpustakaan untuk mendukung penerapan otomasi perpustakaan serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan setiap siswa dalam proses belajar mengajar.

Selain itu, lanjut Wandi sebagai bentuk komitmen dan kerjasama yang sudah terjalin pihaknya juga bertanggung jawab memberikan pendampingan untuk pengembangan perpustakaan kedepan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMAN Modal Bangsa Arun Drs Muhammad MPd melalui Kepala Perpustakaan, Diana S.Pd mengatakan di era perkembangan teknologi informasi saat ini kita dituntut agar selalu mengikuti perkembangan teknologi. Begitu juga dengan dengan perpustakaan sekolah agar mampu memenuhi kebutuhan informasi dan layanan bagi warga sekolah.

"Saya berharap semoga rekan-rekan Aceh Library Consultant akan selalu mendampingi dan menjadi mitra untuk pengembangan Perpustakaan kearah yang lebih baik untuk mewujudkan program perpustakaan berbasis digital", kata Diana.

Kehadiran para alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC) dipimpin langsung oleh Direktur ALC, Arkin bersama Manager Operasional Wandi Syahputra bersama rekan-rekan ALC lainnya, M Zulkifli SIP, Muhammad Taufiq, Fitri Rahmasari SIP dan Mutia Andriyani SIP dan dibantu oleh staff dan pengelola perpustakaan SMAN Modal Bangsa Arun yang didampingi langsung oleh Wakil Bidang Kurikulum Helmi Dedi Wartana, S.Pd. [*]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: SMA Mosa Arun Kembangkan Otomasi Perpustakaan Rating: 5 Reviewed By: Teuku Hermilan